Jumat, 25 Maret 2011

Asam Jawa: Manjur Untuk Masalah Perut

Asam jawa mudah diperoleh di pasar-pasar. Harganya pun tidak mahal. Tapi khasiatnya, mulai dari masalah perut sampai sariawan bisa diselesaikan.

Buah yang bernama latin Tamarindus indica ini dikenal sebagai salah satu buah yang dipakai untuk bahan bumbu masak. Bila sudah tua buahnya dan diolah sedemikian rupa supaya tahan lama, warnanya menjadi kehitam-hitaman. Orang menyebutnya sebagai asam kawak karena warna hitam itu.

Bagian yang bisa digunakan dari buah yang termasuk keluarga Caesalpinaceae (Leguminosae) ini antara lain; daging buah, daun muda (sinom), dan kulit kayunya. Sifat khas buah asam jawa adalah mendinginkan, berasa asam, baunya khas, dan berfungsi melancarkan peredaran darah.

Tidak sulit untuk mendapatkan asam jawa. Di pasar-pasar tradisional, di warung-warung kecil, bahkan di supermarket pun sudah tersedia. Harganya pun tidak mahal.

Kandungan Kimia

Kulit biji tumbuhan ini mengandung phlobatannin sekitar 35 persen sedangkan biji mengandung pati dan albuminoid (protein yang larut dalam air).

Buahnya mengandung senyawa kimia antara lain: Asam tartrat, asam malat, asam sitrat, asam suksinat, asam asetat, pektin, dan gula invert. Kandungan asam inilah yang membuat asam jawa berguna untuk dijadikan sebagai obat pencahar (cuci perut)

Daunnya mengandung flavonoid. Kandungan ini menyebabkan asam jawa dapat berfungsi sebagai obat untuk menghilangkan rasa nyeri, peluruh keringat, dan obat urus-urus.


Inilah 10 resep tradisional dari Asam Jawa yang membantu penyembuah beberapa keluhan kesehatan :

1. Demam (habis bersalin) Ramuan: Asam kawak 2 ruas ibu jari Air mendidih 100 ml Cara pembuatan: Buah asam yang sudah dibersihkan dimasukkan ke dalam air sementara air dididihkan. Cara pemakaian: Air yang sudah mendidih diminum 1 kali sehari 100 ml. Lama pengobatan: Diulang selama 3 hari

2. Eksim Ramuan: Asam kawak 1 ruas ibu jari Rimpang Temulawak 4 keping Air 110 ml Cara pembuatan: Buah asam dan remulawak di iris-iris kecil lalu dimasukkan ke dalam air. Air direbus sampai matang. Cara pemakaian: Air rebusan diminum 1 kali sehari 100 ml. Lama pengobatan: Diulang selama 14 hari.

3. Rematik Ramuan: Daun asam muda 5 lembar Kunyit 1 ruas Cara pembuatan: Daun muda digiling bersama kunyit Cara pemakaian: Hasil gilingan dikompreskan pada bagian yang sakit Catatan: bisa juga untuk sakit bisul dan eksim

4. Bisul Ramuan: Daging buah asam yang matang dan berwarna hitam Garam secukupnya Minyak kelapa secukupnya Cara pembuatan: Daging buah asam dilumatkan dicampur dengan minyak dan garam Cara pemakaian: Hasil lumatan ditempelkan ke bisul

5. Nyeri Haid Ramuan: Daging buah Asam 1 ruas ibu jari Rimpang Kunyit segar (dirajang) 1 jari Air Mendidih 100 ml Cara pembuatan: Setelah dibersihkan, asam dan kunyit dibersihkan lalu dimasukkan ke dalam air yang direbus. Cara pemakaian: Rebusan air diminum sehari 2 kali, pagi dan sore, tiap kali minum 100 ml.

6. Sakit Perut Sakit perut dengan tinja cair, berlendir, dan berbau busuk. Ramuan: Asam kawak 1 ruas ibu jari Rimpang Kunyit (disangrai) 1 jari Garam Secukupnya Air mendidih 100 ml Cara Pembuatan: Kunyit yang sudah disangrai dimasukkan ke dalam air yang direbus bersama buah asam. Lalu tambahkan garam secukupnya. Cara Pemakaian: Rebusan air diminum 1 kali sehari 100 ml. Lama Pengobatan: Diulang selama 3 hari.

7. Wasir Ramuan: Daun Asam segar 4 gram Daun Saga segar 6 gram Daun Duduk segar 6 gram Herba Patikan cina segar 2 gram Rimpang Temulawak 7 keping Akar Kelembak (serbuk) 1/2 sendok teh Air 150 ml Cara pembuatan: Semua bahan dimasukkan ke dalam air yang direbus.
Cara pemakaian: Air rebusan diminum 1 kali sehari 100 ml (infus) atau 1/4 cangkir. Lama pengobatan: Diulang selama 14 hari.

8. Gatal Ramuan: Daun Asam segar secukupnya Rimpang Kunyit secukupnya Air secukupnya Cara pembuatan: Rimpang kunyit dan daun asam ditumbuk sampai halus sambil diberi sedikit air. Cara pemakaian: Hasil tumbukan dioleskan pada bagian kulit yang gatal. Lama pengobatan: Diperbaharui setiap 3 jam. Peringatan Tidak dianjurkan untuk ibu hamil, terutama Asam Kawak

9. Pencahar Ramuan: Daging buah asam secukupnya Garam secukupnya Air matang secukupnya Cara pembuatan: Daging buah yang sudah dikupas ditambah dengan sedikit garam, lalu disimpan dalam tempat yang tertutup dan kering (makin lama makin baik). Setelah itu diberi sedikit air. Cara pemakaian: Air campuran diminum

10. Sariawan Ramuan: Daun asam muda 1 cangkir Sepotong kunyit 5 cm. Air 4 gelas Gula (gula aren) Cara pembuatan: Kunyit yang sudah diiris kecil-kecil direbus bersama daun asam. Tunggu sampai airnya tinggal setengah. Setelah itu ditambah gula. Air rebusan disaring. Cara pemakaian: Air yang sudah disaring diminum pagi dan sore. Lama pengobatan: Diulangi sampai beberapa hari.

sumber : betterdayzine.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar