Minggu, 08 Mei 2011

Cinnamon: Si Manis yang Sehat

Asupan manis tidak selalu berakibat buruk.

Termasuk orang yang beranggapan hobi makan makanan manis tidak baik bagi kesehatan? Ubah pandangan Anda segera! Mengapa? Sebab American Dietic Assocciation menyatakan dampak tidak sehat itu baru muncul jika kita suka mengonsumsi gula secara berlebih. Plus, tak perlu takut jika rasa manis itu kita peroleh dari cinnamon atau kayu manis.

Rempah ini telah ribuan tahun dipercaya dapat menyembuhkan diare, flu, sindrom pra-menstruasi, dan menjadi asupan wajib untuk para penderita diabetes. Penelitian yang dilakukan oleh US Department of Agriculture menyebutkan mengonsumsi 6 gram kayu manis setiap hari, mampu menurunkan gula darah hingga 27% dan kolesterol sampai 26%. Kegunaan kayu manis lainnya :

1. Sebagai anti-inflamasi.
Kegemaran kita mengasup makanan siap saji akan menyebabkan sel-sel tubuh rusak. Kayu manis mampu mengurangi kerusakan itu, jelas Andrew Well, MD, penulis buku Health and Healing.

2. Sumber mineral mangan, zat besi, kalsium, dan serat.
Perpaduan antara serat dan kalsium mampu mencegah kerusakan sel-sel usus besar dan melancarkan pencernaan.

3. Meningkatkan daya ingat.
Berdasarkan info dari Association of Naturopathic Practioners, menghirup aroma kayu manis bisa meningkatkan kemampuan konsentrasi kita.

Cara menikmati: Sajikan kayu manis bubuk sebagai campuran kue atau bumbu masakan. Sedangkan kayu manis kering dalam bentuk batangan bisa digunakan sebagai pengganti gula untuk teh atau kopi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar