Senin, 23 Mei 2011

Tempe, Sumber Protein dan Penurun Kolesterol

Sudah akrab dong dengan makanan yang satu ini. TEMPE!! Yess.. Tempe guys!! Makanan asli asal Indonesia yang dewasa ini mulai dilirik juga oleh beberapa negara maju, karena banyak manfaat di dalam kandungannya.

Jadi jangan pernah meremehkan tempe. Gizinya mudah diserap tubuh dan harganya sudah pasti terjangkau.
Makanan ini sudah dikenal dalam budaya masyarakat Jawa berabad-abad lalu. Tempe dibuat dengan cara fermentasi menggunakan jamur Rhizopus Oligosporus. Salah satu informasi menyebutkan bahwa tempe ditemukan pada tahun 1875, dan saat ini sudah mendunia seiring dengan migrasi orang-orang Jawa ke seluruh dunia. Hebat kan?

Manfaat tempe bagi kesehatan sudah banyak diketahui sejak jaman pendudukan Jepang di Indonesia, yaitu ketika para tawanan perang yang diberi makan tempe terhindar dari disentri dan busung lapar.

Diambil dari Kompas.com, menurut Prof.dr.Made Astawan, guru besar dari Institut Pertanian Bogor, tempe memang mengandung zat antibakteri penyebab diare. Tempe juga berpotensi untuk digunakan melawan radikal bebas untuk menghambat proses pencernaan dan mencegah berbagai penyakit, menurunkan kolesterol hingga mengatasi hipertensi. Selain itu berdasarkan penelitian, menunjukkan bayi dan balita yang menderita gizi buruk mengalami pertumbuhan berat badan setelah diberikan konsumsi tempe. Balita yang menderita diare juga lebih cepat sembuh dalam waktu singkat.

Hebatnya lagi, tempe bisa dikonsumsi oleh orang dari segala usia! Masih dari Kompas.com, menurut dr.Samuel Oetoro, Sp.GK, ahli gizi dari Semanggi Klinik, tempe merupakan sumber protein yang mudah dicerna tubuh. "Protein dalam tempe sudah dipecah-pecah oleh kapang tempe sehingga protein, lemak dan karbohidratnya menjadi lebih mudah dicerna. Selain itu tempe juga mengandung serat," kata dr.Samuel yang ditemui disebuah acara peluncuran studi gizi nasional di Jakarta.

Selain itu, kandungan serat dalam tempe cukup tinggi loh! Jadi memang sangat baik untuk pencernaan.

sumber : kompas.com dan betterdayzine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar